Tuesday, 12 January 2021 00:00

Es Cuing

Written by 
Rate this item
(0 votes)
FOTO : PESONA INDONESIA FOTO : PESONA INDONESIA

VOI PESONA INDONESIA  Es Cuing, kuliner khas Cirebon. Berkunjung ke Cirebon, cobalah juga mencicipi beragam kuliner khasnya. Ada nasi jamblang, tahu gejrot, empal gentong, dan minuman legendaris Es Cuing. Es Cuing merupakan sejenis minuman yang terbuat dari bahan utama berupa agar-agar atau gel. Agar-agar ini terbuat dari daun cuing (Tilliacora triandra), karenanya diberi nama es Cuing. Tanaman Tilliacora triandra ini banyak tumbuh di daerah Cirebon dan Indramayu. Masyarakat setempat percaya tanaman ini sebagai obat pendingin lambung dan obat panas dalam.

Es Cuing biasanya disajikan dengan bubur sumsum hijau yang terbuat dari tepung beras. Biar lebih enak, biasanya diberi es serut serta disiram santan, dan gula merah sebagai pemanis. Ketika disantap, rasa manis gula merah dan gurihnya santan begitu terasa. Minuman ini memang cocok disruput saat musim panas. Rasanya sangat menyejukkan. Tak hanya menyejukkan, minum khas Cirebon ini juga mengenyangkan, karena menggunakan bubur sumsum.

Tak sulit menemukan Es Cuing di daerah Cirebon. Hampir di tempat-tempat keramaian selalu ada pedagang es cuing. Namun, salah satu es cuing yang terkenal akan kenikmatannya berada di Jalan Kartini, Kota Cirebon. Harga minuman dingin ini juga tergolong murah. Harganya sekitar Rp. 3000 hingga Rp. 5000 per porsi.

Read 358 times Last modified on Wednesday, 13 January 2021 09:28