Friday, 27 April 2018 10:03

Ekspor Minyak Sawit Indonesia ke Belanda Meningkat Meskipun Ada Kampanye Negatif di Eropa

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Kampanye negatif atas minyak sawit Indonesia di Eropa tidak berdampak pada ekspor produk ini ke Belanda. Hal itu dikemukakan oleh Kepala Departemen Ekonomi Kedutaan Besar Belanda untuk Indonesia, Siebe Schuur kepada RRI World Service, Voice of Indonesia dalam sebuah wawancara terkait peringatan King’s Day yang jatuh pada tanggal 27 April. Schuur membenarkan ada banyak diskusi tentang minyak sawit di Eropa, akan tetapi ekspor produk minyak sawit Indonesia ke wilayah ini meningkat.

Ini mungkin sedikit mengejutkan bagi pendengar di Indonesia. Misalnya tahun lalu, sementara ada banyak diskusi tentang minyak sawit, ekspor Indonesia ke Eropa dan khususnya ke Belanda dalam bentuk apa pun sebenarnya meningkat. Jadi saya  ingin membuat pernyataan ini karena tampaknya ada persepsi bahwa Uni Eropa, mungkin Belanda mendiskriminasikanminyak sawit. Saya pikir data perdagangan menunjukkan fakta yang berbeda

Siebe Schuur lebih lanjut mengatakan pemerintah Belanda tidak pernah melakukan kampanye negatif. Namun LSM dan beberapa warga swasta di Eropa yang memiliki kekhawatiran terhadap produk minyak kelapa sawit memiliki opini pribadi mereka soal minyak sawit. Dia juga mengatakan bahwa baru-baru ini ada sedikit perubahan pada pendapat Inggris dan Islandia tentang minyak sawit, tetapi itu juga tidak mencerminkan pendapat pemerintah Belanda atau pemerintah lain di Eropa. (voi/pane)

Read 674 times