Monday, 27 September 2021 00:00

Goa Batu Cermin, Nusa Tenggara Timur

Written by 
Rate this item
(0 votes)

VOI PESONA INDONESIA Goa Batu Cermin yang terletak di Desa Wae Sambi, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur dan hanya berjarak 4 Km dari Labuan Bajo merupakan ibukota dari Manggarai Barat. Penemu Goa ini adalah Theodore Verhoven, seorang pastor Belanda yang juga seorang arkeolog pada tahun 1951. Menurut sang penemu, Theodore Verhoven,  goa ini tadinya berada di bawah laut yang setelah jutaan tahun terangkat ke permukaan darat. Karena goa batu cermin adalah tempat yang pernah berada di bawah laut, maka di bagian dindingnya bisa dilihat beberapa fosil koral, kura-kura, dan penyu. Obyek wisata seluas 19 hektar dengan tinggi goa sekitar 75 meter ini biasanya ramai pada siang hari. Pada waktu memasuki goa, anda akan merasa tubuh anda diapit oleh tebing yang menjulang tinggi. Semakin dalam anda memasuki goa, anda akan merasakan udara yang semakin sejuk dan semakin sedikit cahaya yang akan anda peroleh. Sebelum memasuki goa, anda biasanya akan dibekali senter oleh pemandu wisata. Ini karena Goa Batu Cermin sangat gelap dan sempit.

Untuk bisa melihat fosil kura-kura di dinding goa ini, anda harus berjalan sekitar 20 meter dan karena sempit dan udaranya terbatas, wisatawan yang yang masuk goa pun dibatasi, misalnya 10 orang sekali masuk dan yang lainnya menunggu di luar. Menunggu pun tidak terlalu lama, hanya 30 menit. Goa ini diberi nama Goa Batu Cermin karena di dalam goa ada lubang di atas, sehingga siang hari sinar matahari bisa masuk ke dalam goa melalui celah sempit itu. Saat hujan, air hujan akan memasuki goa dan menimbulkan genangan. Genangan air yang terkena sinar matahari akan membuat anda bisa melihat wajah sendiri di genangan yang menggenangi goa itulah yang menyebabkan mengapa goa ini dinamakan Goa Batu Cermin.

Menuju ke lokasi Goa Batu Cermin ini tidaklah susah dan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Dari depan pelabuhan Labuan Bajo anda bisa menggunakan angkutan umum atau motor. Angkutan ini hanya bisa membawa anda sampai di depan jalan masuk kawasan ini, setelah itu anda harus berjalan kurang lebih 10-15 menit menuju pos informasi Batu Cermin. Untuk masuk ke Goa Cermin ini, anda harus membayar tiket sebesar Rp 10.000 ditambah dengan biaya guide selama berada di dalam gua sekitar Rp 20.000.

Read 254 times Last modified on Monday, 27 September 2021 21:58