Friday, 06 July 2018 00:00

Kue Lompong

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Hari ini kami akan memperkenalkan Kue Lompong. Purworejo merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten yang berbatasan dengan Wonosobo, Magelang, Kebumen, dan Kulon Progo ini terkenal dengan keindahan air terjunnya. Salah satu objek wisata air terjun disana yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Curug Muncar. Air Terjun setinggi 40 meter ini punya panorama alam yang masih alami. Dibalik keindahan objek wisata air terjunnya, Purworejo kuliner tradisional yang melimpah. Salah satu kulinernya yang wajib anda coba jika berwisata kesana adalah Kue Lompong.Sekilas dilihat dari luar, kue khas Purworejo ini tampak kurang menarik. Bentuknya segi empat. Berbungkus daun pisang kering. Warnanya hitam legam, tidak cerah seperti kue tradisional lainnya di Indonesia. Bahan Utamanya adalah Lompong atau dalam bahasa Indonesia batang daun talas. Batang talas itu dikupas bersih lalu dipotong kecil-kecil. Bahan dasar itu direndam hingga terbebas dari getah. Batang talas lalu direbus hingga menjadi bubur. Selanjutnya, disaring untuk diambil sarinya hingga menghasilkan warna kehitaman. Sari daun talas ini kemudian dicampur tepung merang, tepung ketan, dan gula pasir. Adonan tersebut lalu diaduk dan diberi minyak kelapa atau goreng agar tak lengket saat dikukus. Adonan kue lompong diisi tumbukan kacang tanah dan gula merah, kemudian dikukus dengan bungkus daun pisang kering atau klaras. Adonan kue lompong dikukus selama kurang lebih dua jam.

Klarasyang digunakan pun bukan sembarang klaras melainkan harus klaras yang mengering secara alami di pohonnya. Jika membungkus kue lompong menggunakan klaras yang kering dengan cara dijemur di bawah sinar matahari maka kue lompong akan lebih cepat busuk dan berjamur. Untuk warna hitamnya yang biasanya menggunakan Lompong, kini banyak pedangang yang telah mengganti bahan pewarnanya dengan damen kering atau pohon padi kering yang dibakar, karena dirasa lebih praktis.

ketika disantap, rasa kenyal kue Lompong begitu terasa. Kacang tanahnya gurih dan manis, karena dicampur dengan gula merah. Di Purworejo, kue Lompong dijajakan di pasar-pasar tradisional dan pusat oleh-oleh Purworejo. Kue lompong juga sering dibeli untuk oleh-oleh dan disantap sebagai sarapan. Kue lompong dijual mulai dari Rp 2.000 hingga Rp. 3500 per buah. Jika membeli Kue Lompong sebagai oleh-oleh, kue ini hanya bertahan selama 1 minggu di luar kulkas. Jika terasa mengeras, lebih baik dikukus ulang sebelum dikonsumsi.

Read 967 times