Sunday, 08 July 2018 00:00

Kupang Lontong, Makanan Khas Jawa Timur

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Berjumpa lagi dalam Pesona Indonesia. Hari ini kami akan mengajak anda ke Jawa Timur, Khususnya kota Surabaya untuk mencoba kuliner Kupang Lontong, makanan khas Jawa Timur. Kota Surabaya selain terkenal sebagai kota pahlawan juga terkenal dengan wisata kulinernya yang legendaris seperti Kupang lontong. Kupang Lontong adalah kuliner tradisional yang sukar ditemukan di daerah lain selain Jawa Timur, dan itupun hanya ada di beberapa kota saja. Ini karena Kupang merupakan sejenis kerang sungai atau tiram yang hidup berkoloni di lumpur berair asin. Ukurannya kecil sekali. Nama latin dari Kupang atau kerang putih ini adalah Cobula Faba.  

rasa kupang lontong ini sangat gurih dan nikmat. Tapi walaupun demikan, memang jarang sekali kupang lontong tertulis di dalam menu di restoran. Ini karena biasanya Kupang lontong ini hanya dijual di warung atau kaki lima saja.Penyajian Kupang lontong biasanya ditambahkan lentho, yaitu singkong parut yang dicampur kacang tolo, kelapa parut dan bumbu berupa bawang putih, ditambah pula ketumbar, garam serta gula. Kadang pada waktu penyajiannya kupang lontong juga dipadukan dengan sate kerang.kupang lontong yang merupakan makanan khas Surabaya ini banyak ditemui di Pantai Kenjeran.   Sajian Kupang Lontong ini cukup sederhana. Kupang Lontong yang telah direbus, disajikan dengan petis yang dihaluskan dengan bawang putih. Campuran tersebut kemudian diencerkan dengan menambahkan sedikit kuah rebusan kupang . Kemudian ditambah dengan sate kerang serta sambal petis dan juga taburan bawang goreng.          

walaupun banyak orang merasa khawatir alergi karena makan kupang lontong, tetapi masih banyak juga yang tidak melewatkan untuk makan kuliner khas Jawa Timur itu khususnya apabila berkunjung ke Surabaya. Karena mereka percaya bahwa untuk penawar alergi tersebut tersedia air kelapa muda sebagai obatnya. Air kelapa muda bukan saja sebagai pelepas dahaga , tetapi juga berfungsi sebagai penawar racun yang terdapat di dalam kupang.Harga kupang lontong tergolong murah, karena satu piring kupang lontong dihargai Rp. 5000 sampai dengan Rp. 10.000. Jika ditambah sate kerang, per tusuknya hanya Rp. 500 sampai Rp. 1000. Sedangkan untuk es kelapa yang dihidangkan bersama tempurung buah kelapanya dihargai Rp. 10.000, tetapi bila anda hanya ingin segelas air kelapa muda saja, anda cukup membayar Rp. 3000 saja.

Read 966 times