Thursday, 09 February 2023 19:58

Menlu RI dan Menlu Australia Bahas Penguatan Kerja Sama Bilateral

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Jakarta (voinews.id) : Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong. Pertemuan tersebut dilakukan satu hari sebelum keduanya mengikuti pertemuan Indonesia-Australia 2+2 bersama dengan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Australia Richard Marles.

Dalam pertemuan bilateral dengan Penny Wong, Retno Marsudi mengatakan Australia kembali menyampaikan ucapan selamat kepada Indonesia atas kesuksesannya dalam memimpin G20. Selain itu, dirinya pun menyampaikan prioritas-priotas Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini.

"Australia adalah salah satu dari Mitra Komprehensif Strategis pertama bagi ASEAN. Tahun depan, ASEAN-Australia akan peringati hubungan 50 tahun," katanya dalam keterangan yang disampaikan secara virtual dan diterima di Jakarta, Kamis (9/2).

Di dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak juga membahas upaya penguatan kerja sama bilateral. Menurut Retno, dirinya menekankan pentingnya penguatan isu-isu atau hubungan kerja sama perdagangan, ekonomi serta hubungan antar masyarakat.

"Kemudahan visa bagi warga negara Indonesia ke Australia, saya juga singgung termasuk untuk para pekerja migran terampil Indonesia," katanya.

Selain itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, di dalam pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Penny Wong, dirinya juga menekankan pentingnya intensifikasi pengajaran bahasa Indonesia di Australia untuk mendorong penguatan people to people contact.

Read 233 times