Sunday, 13 January 2019 00:00

Indonesia, Salah Satu Negara Paling Aman Dikunjungi

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Foto Antara Foto Antara

Indonesia ditetapkan sebagai salah satu negara paling aman di dunia. Menurut laporan Gallup’s Law and Oder Report 2018, Indonesia berada di urutan ke-9. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (10/1), mengapresiasi pencapaian tersebut sebagai upaya bersama termasuk kinerja aparat kepolisian. Arief Yahya mengapresiasi kinerja Polisi RI (Polri) dalam meningkatkan "safety and security" di Indonesia. Indonesia terbukti mengantungi skor 89 dan berada di posisi ke-9 sebagai negara dengan tingkat ketertiban dan hukum tertinggi atau setingkat di atas Denmark dan setingkat di bawah Kanada. Adapun posisi puncak dipegang Singapura dengan skor 97, diikuti oleh Norwegia, Islandia dan Finlandia.

Menpar Arief Yahya mengatakan, berdasarkan laporan Ampersand Travel (situs perjalanan di Inggris) yang merilis data Solo Women Traveler Index (Index tingkat keamanan traveling bagi perempuan) menempatkan Indonesia sebagai negara teraman ke-5, dengan urutan Jepang, Prancis, Spanyol, Amerika Serikat dan Indonesia, dari 70 negara. Menteri juga mengapresiasi cepatnya penanganan krisis oleh Polri serta penyajian informasi kepada masyarakat terkait keamanan di bidang pariwisata di Indonesia. Arief Yahya memberi contoh dalam kejadian aksi teror Bom Thamrin, dalam waktu 5 jam pemerintah sudah bisa memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat internasional.

Untuk itu Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Tito Karnavian menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) di Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia, Kamis, 10 januari 2019. Dalam Nota Kesepahaman yang ditandatangani Kapolri dan Kemenpar tersebut berisi beberapa poin antara lain kerja sama pertukaran data dan informasi diantaranta bidang pariwisata, pengamanan dan penegakan hukum dari Polri di sektor pariwisata.

Sementara itu Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan pariwisata sebagai primadona di masa depan. Menurut Kapolri, Indonesia adalah negara yang sangat potensial pariwisatanya, terutama adalah eco-destination dan top world destination untuk diving. Sektor pariwisata ini investasinya termasuk yang paling murah dibanding sektor yang lain tapi berdampak besar pada perekonomian serta menyerap banyak tenaga kerja. Tito Karnavian menjelaskan, selain itu pariwisata juga membutuhkan peran Polri dalam menjamin keamanan,

Read 920 times Last modified on Sunday, 13 January 2019 14:35