Wednesday, 30 January 2019 08:17

Isyarat Pemulihan Hubungan Diplomatik Jepang – Korea Utara

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Setelah mencairnya hubungan Korea Selatan dengan Korea Utara, Jepang nampak berusaha memperbaiki hubungannya dengan Korea Utara. Walaupun masih berupa wacana, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berencana menemui Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un untuk membicarakan sejumlah masalah antara kedua negara. Keinginan Shinzo Abe itu diungkapkannya dalam forum resmi, yaitu pembukaan sidang Parlemen Senin lalu. Shinzo Abe menyatakan akan langsung bertemu dengan Kim Jong-Un untuk mendorong dimulainya tahap baru hubungan kedua negara. Salah satu yang akan menjadi prioritas menurut Abe adalah pemulihan hubungan diplomatic termasuk penculikan warga negara Jepang yang sedang berwisata ke Korea Utara.  Lebih lanjut Perdana Menteri Jepang mengatakan bahwa kunjungannya ke Korea Utara dalam upaya normalisasi diplomatik masa lalu yang tidak menguntungkan.  Pernyataan Shinzo Abe ini sangat berbeda dengan apa yang ditegaskannya tahun lalu yang bernada keras dan ancaman terhadap Korea Utara.  

Kedua negara bermusuhan sejak terjadinya agresi Jepang di Semenanjung Korea pada era perang dunia kedua. Upaya pencairan permusuhan telah dilakukan pada tahun 90an melalui perundingan. Tetapi upaya perdamaian itu gagal. Korea Utara menuntut Jepang memberikan ganti rugi atas apa yang disebut kerusakan selama masa agresi. Sedangkan Jepang berkeras meminta Korea Utara menghentikan uji coba nuklir sebelum kompensasi diberikan. Ketegangan antara kedua negara pasca perundingan yang mengalami jalan buntu itu semakin memuncak akibat penculikan oleh agen Korea Utara terhadap beberapa warga Jepang yang berkunjung ke Korea Utara.  Pemerintah Pyongyang membantah keras terjadinya penculikan penculkan itu.  

Ketegangan atas isu penculikan itu melunak dengan adanya informasi bahwa Pyongyang akan membebaskan seorang turis Jepang sebagaimana disiarkan Kantor Berita resmi pemerintah Korea Utara, KCNA. Menurut informasi yang berkembang, penangkapan seorang turis Jepang oleh penguasa Korea Utara disebabkan tuduhan bahwa warga negara Jepang itu merekam dengan video salah satu fasilitas militer Korea Utara.

Apakah pernyataan yang disampaikan secara resmi oleh Perdana Menteri Shinzo Abe dan isyarat pembebasan warga negara Jepang yang ditahan di Korea Utara  menjadi pertanda baik dimulainya pemulihan hubungan kedua negara? Sesungguhnya ini masih menunggu proses lebih lanjut. Manakala pemulihan hubungan baik itu dapat terwujud, tentu akan terjadi perubahan geopolitik di Asia khususnya di Asia Timur.

Read 785 times