28
March

 

VOInews.id- Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Murashko pada Rabu (27/3) mengatakan jumlah korban tewas dan terluka dalam serangan gedung konser pekan lalu di wilayah Moskow, Rusia, masing-masing meningkat menjadi 140 dan 360 orang. “Sayangnya, salah satu korban, yang sebelumnya berada dalam kondisi sangat serius, meninggal, para dokter telah melakukan segala yang bisa dilakukan,” kata Murashko kepada wartawan di Moskow.

 

Sebelumnya, jumlah korban tewas akibat serangan gedung konser mencapai 139 orang. Dalam pernyataan sebelumnya, pusat Kementerian Kesehatan Rysua mengatakan kepada media pemerintah bahwa jumlah korban luka meningkat menjadi sebanyak 360 orang. “Hingga Rabu pagi, 360 orang terluka akibat serangan teroris, termasuk 11 anak-anak,” kata perwakilan Pusat Pengobatan Bencana Seluruh Rusia kepada kantor berita TASS. Perwakilan tersebut lebih lanjut mengatakan 92 korban dirawat di rumah sakit, dengan 63 orang sudah dipulangkan, sementara rawat jalan diberikan kepada 205 orang yang terluka.

 

Pada Jumat, sekelompok orang-orang bersenjata melepaskan tembakan di Balai Kota Crocus di kota Krasnogorsk di wilayah Moskow. Komite Investigasi Rusia mengatakan pihaknya menahan 11 orang, termasuk empat pelaku, di wilayah perbatasan Bryansk, yang sedang dalam perjalanan ke Ukraina. Pengadilan Distrik Basmanny Moskow pada Minggu malam mendakwa keempat pelaku dengan tuduhan terorisme dan menyetujui penahanan sebelum persidangan mereka hingga 22 Mei.

 

Antara

28
March

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

VOInews.id- Rumah sakit besar di Korea Selatan menutup bangsal dan menata ulang stafnya agar dapat terus memberikan layanan kesehatan di tengah aksi protes yang berlangsung selama beberapa pekan oleh para dokter muda yang berhenti dari pekerjaannya. Pusat Medis Asan, Pusat Medis Samsung , Rumah Sakit Severance, Rumah Sakit Universitas Nasional Seoul dan Rumah Sakit St. Mary's Seoul mengalami kerugian finansial lebih dari 741.000 dolar AS (sekitar Rp11,7 miliar) dan beralih ke “mode manajemen darurat,” lapor Yonhap News yang berbasis di Seoul, Rabu.

 

Ribuan dokter muda dan dokter magang telah mengajukan pengunduran diri sebagai bentuk protes atas langkah pemerintah yang menambah 2.000 kuota pendaftaran di sekolah kedokteran. Para dokter muda dan magang itu telah bergabung dengan para profesor sekolah kedokteran di Korsel sejak Senin.

 

“Kami bahkan tidak bisa memperkirakan kapan situasi ini akan berakhir lantaran dokter magang belum masuk kerja dan para profesor mengajukan pengunduran diri,” kata salah satu pejabat rumah sakit. "Pekerja yang tersisa juga sedikit berkurang," ujarnya. Aksi protes tenaga kesehatan tersebut telah mengacaukan sistem kesehatan Korea Selatan, di mana para dokter junior memiliki peran yang sangat penting. Banyak operasi ditunda meski rumah sakit telah memperpanjang jam kerja untuk menangani jumlah kedatangan pasien. Militer Korea Selatan juga telah membuka fasilitas mereka guna membantu pemerintah sipil di tengah krisis layanan kesehatan.

 

Sumber: Anadolu

28
March

 

VOInews.id- Situasi di Gaza menjadi agenda utama dalam Sidang Umum ke-148 Inter-Parliamentary Union (IPU) pada Rabu (27/3). Pada hari terakhir sidang tersebut, Presiden IPU Tulia Ackson dan Sekretaris Jenderal IPU Martin Chungong mengeluarkan pernyataan bersama atas nama komunitas parlemen global, menyerukan "gencatan senjata secepatnya di Gaza.

 

" Mereka mendesak otoritas berwenang terkait di semua pihak untuk mengambil "langkah secepatnya guna meringankan penderitaan masyarakat di wilayah tersebut, termasuk perempuan, anak-anak, dan kelompok lanjut usia, yang terjebak dalam pertempuran."

 

Mereka juga menyerukan "pembebasan secepatnya dan tanpa syarat bagi semua sandera." Pernyataan itu juga menekankan pentingnya penegakan hukum kemanusiaan internasional dan menegaskan kembali penentangan tegas para pemimpin terhadap segala bentuk kekerasan yang ditujukan kepada warga sipil.

 

Antara

27
March

Jembatan Francis Scott Key di dekat Baltimore, Maryland, Amerika Serikat. (Foto: Wikimedia Commons/Patorjk)

 

VOInews.id: Sebuah jembatan raksasa di kota Baltimore, Amerika Serikat, Selasa (26/3) runtuh. Seperti dikutip AFP, Jembatan Francis Scott Key runtuh setelah sebuah kapal menabrak salah satu kaki jembatan.

Page 1 of 1145